JEMARI Sakato

Slogan
collapse
Home / Berita / Penandatanganan Dokumen Perjanjian Kerjasama (PKS) antara JEMARI Sakato dan Depertemen Sosiologi FISIP UNAND

Penandatanganan Dokumen Perjanjian Kerjasama (PKS) antara JEMARI Sakato dan Depertemen Sosiologi FISIP UNAND

2023-07-05  Jemari Sakato

“Sinergi antara NGO dan perguruan tinggi diyakini akan berdampak positif dalam ikhtiar mewujudkan pembangunan berbasis masyarakat” tegas Dr. Maihasni, M.Si saat penandatangan dokumen Perjanjian Kerjasama (PKS) antar JEMARI Sakato dan Departemen Sosiologi FISIP UNAND pada Selasa 27 Juni 2023.

Pada kesempatan yang sama Direktur JEMARI Sakato, Anggun Mustika Yanti, M.Pd  menegaskan bahwa PKS ini segera dikongkretkan dalam rencana kerja yang akan melibatkan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing lembaga.

Prosesi penandatanganan  juga dihadiri oleh Sekretaris Departemen Sosiologi yakni Dra. Dwiyanti Hanandini, M.Si serta Aktivis JEMARI Sakato antara lain,  Abdullah Muhammad Thoyib NST, Eganesa Maria Nofrijayanti dan Khairunnisa.

Kolaborasi yang baik ini ditujukan bagi mahasiswa sosiologi agar memperoleh informasi dan pengetahuan terkait metode-metode yang dapat mereka gunakan dimasyarakat nantinya. “Perjanjian kerjasama ini tentu akan memberikan kontribusi dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi departemen kita. Langkah baik ini kami harap dapat membangkitkan kembali pelatihan-pelatihan terkait penggunaan metode pemberdayaan masyarakat bagi seluruh mahasiswa sosiologi” Ucap Dra. Dwiyanti Hanandini, M.Si.

Kegiatan ini merupakanrencana tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya pada Senin, 19 Juni 2023, yakni dalam menyamakan pemahaman terkait tujuan, prinsip serta ruang lingkup kegiatan yang akan dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan perjanjian antar keduanya. Diskusi yang telah dilaksanakan dihadiri langsung oleh Ketua Departemen Sosiologi FISIP UNAND, yakni Dr. Maihasni, M.SI, Kemudian Sekretaris Departemen Sosiologi yakni Dra. Dwiyanti Hanandini, M.Si, Ketua Prodi Sosiologi yakni Dr. Elfitra, M.Si, Prof. Dr. Afrizal, M.A dan beberapa dosen departemen sosiologi lainnya. Sementara dari pihak jemari sakato dihadiri langsung oleh Ketua Dewa JEMARI Sakato yakni Fikon, serta aktivis JEMARI Sakato yakni Eganesa, Toyib dan Nisa.

“Barangkali banyak hal yang dapat kita kolaborasikan, contohnya seperti melakukan pertukaran sumberdaya, yang bisa saja dilakukan demi mewujudkan visi-misi masing masing lembaga” Ucap Prof. Dr. Afrizal, M.A selaku guru besar Departemen Sosiologi pada saat dilaksanakannya diskusi Pra Perjanjian Kerjasama lalu.

Dengan adanya kerjasama ini, kedua lembaga akan leluasa untuk membangun model kegiatan serta  saling bertukar sumber daya yang dimiliki. Tentu yang menjadi tujuan besarnya adalah dapat berkontribusi dalam mewujudkan  masyarakat yang lebih baik.


2023-07-05  Jemari Sakato