JEMARI Sakato

Slogan
collapse
Home / Kegiatan SMART / JEMARI Sakato lakukan Pelatihan pengelolaan lingkungan di Teluk Kabung Selatan

JEMARI Sakato lakukan Pelatihan pengelolaan lingkungan di Teluk Kabung Selatan

2024-01-05  Jemari Sakato

 

Rabu, 22-11-23, Pelatihan pengelolaan lingkungan dan terumbu karang. Kegiatan yang merupakan bagian dari pendampingan JEMARI Sakato terhadap POKMASWAS Teluk Kabung Selatan yang didukung oleh CSR Pertamina Teluk Kabung untuk memperkuat kelompok  POKMASWAS disebabkan kurang baiknya pengelolaan wisata dalah hal lingkungan dan terumbu karang. Selain dari anggota kelompok pokmaswas kegiatan di hadiri oleh perwakilan integrited terminal. Disampaikan oleh pak Farouk sebagai narasumber bahwa ketika berbicara terumbu karang kita tidak hanya mendiskusikan "Terumbu Karangnya saja" tetapi juga lingkungan yang akan berdampak kepada Terumbu karang tersebut. Dari proses yang berjalan budidaya mangrove juga sangat potensial dilakukan.

Setelah kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan pemancangan "larangan menangkap ikan" di sekitar terumbu karang. kegiatan dilakukan bersama dengan mahasiswa Univerrsitas Negeri Padang yang sekaligus sedang melakukan Kuliah lapangan.
Tonggak larangan dan tong sampah merupakan hasil swadaya kelompok pokmaswas yang didampingi JEMARI. Harapannya kedepan, kelompok ini akan menjadi mobilisator masyarakat dalam melakukan perlindungan lingkungan, Terumbu Karang dan pengembangan Teluk Kabung Selatan kedepan.

Kegiatan selanjutnya kita akan melakukan kolaborasi multipihak untuk beberapa rencana aksi kelompok yang sudah disusun di kegiatan sebelumnya.


2024-01-05  Jemari Sakato