Dibalik kekayaan budaya yang melimpah, Sumatera Barat juga rentan akan bencana baik gempa maupun Tsunami. Oleh karena itu, pemerintah melalui BPBD turun tangan dengan melahirkan sebuah program kesiapsiagaan yakni “Desa Tangguh Bencana”. Salah satu wilayah yang menjadi target tersebut adalah Kota pariaman yang memang berbatasan langsung dengan laut dan tentu tingkat kerentanan akan bencana sangat tinggi.
Maka dari itu, BPBD kota pariaman menargetkan dalam rencana strategisnya untuk menjadikan seluruh dengan di kota pariaman menjadi desa tangguh bencana dalam rangka memperkuat kesiapsiagaan masyarakat. Dan JEMARI Sakato mengambil peran dalam memfasilitasi kegiatan tersebut dengan membantu masyarakat dalam pembentukan Komunitas Siaga Bencana dan saling bertukar informasi seputar kebencanaan tentu dengan gaya khas JEMARI Sakato.

IMG_0774

Dan salah satu daerah dampingan dalam program desa tangguh tersebut adalah desa sunur kota pariaman, sumatera barat. dalam diskusi yang berlangsung sangat hangat di kantor desa, JEMARI Sakato dapat melihat bagaimana antusias masyarakat yang sangat tinggi dalam menyukseskan kegiatan tersebut dan program desa tangguh di desa sunur akan berlangsung lebih kurang dua bulan dan tentu diharapkan mendapatkan output yang luar biasa. oleh karena itu JEMARI Sakato yakin bahwa masyarakat yang kami damping akan menjadi lebih baik. (delly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *