Logo Jemari 2

This Journey of A Thousand Miles Begins With A Single Step(Lao Tzu)

Kutipan diatas, menggambarkan bahwa sebesar, serumit atau selama apapun sebuah pekerjaan atau perjalanan, hal tersebut pasti harus dimulai dengan langkah pertama. Dengan kata lain, bahwa yang paling berat itu pada dasarnya adalah memulai. Maka tidak akan pernah selesai sebuah pekerjaan besar jika tidak ada yang memulai dari hal yang kecil atau sederhana.

Hal ini terasa sangat sesuai dengan apa yang tengah dilakukan oleh komunitas masyarakat yang tergabung dalam Kelompok Siaga Bencana di Nagari Canduang Koto Laweh dan Nagari Tiku Selatan Kabupaten Agam. Kedua Nagari ini mendapat program pendampingan dalam sebuah program yang fasilitasi oleh Lembaga JEMARI Sakato Sumatera Barat bekerjasama dengan Oxfam melalui dukungan dari AUSAID (Australia).

Program ini memiliki harapan besar untuk membangun masyarakat Sumatera Barat yang tangguh menghadapi ancaman bencana. Harapan yang dimandatkan melalui JEMARI sakato dan Oxfam ini telah berjalan selama hampir 2 tahun. Tanpa harus menepuk dada pertanda bangga, bahwa memang telah banyak kemajuan yang dicapai oleh KSB di kedua Nagari tersebut. Namun pada hakekatnya, bahwa sebuah pendampingan tidak memiliki titik akhir yang pasti. Dinamika mengelola masyarakat bukan ilmu pasti, bukan ilmu matematika yang bisa diukur secara pasti dan diklaim sebagai keberhasilan.

Yang pasti, melalui program Membangun Ketahanan Masyarakat Sumatera Barat kerjasama JEMARI Sakato-Oxfam telah memulai pekerjaan besar ini dengan beberapa langkah kecil. KSB sudah terbentuk, dilanjutkan dengan pembekalan-pembekalan yang relevan, kemudian dibantu menyusun Rencana Penanggulangan bencana dan Rencana aksi Komunitas bahkan sampai pada bagaimana memadukan pekerjaan-pekerjaan tersebut dengan mekanisme regular di Pemerintah Daerah.

Tim JEMARI sakato mencoba menulis ulang beberapa pengalaman menarik dari proses pendampingan dalam Buku kecil ini. Semoga bisa menjadi bahan diskusi dan referensi bagi para pegiat pemberdayaan PRB dimanapun berada.

Terima kasih dan perhargaan dari JEMARI sakato kepada semua pihak yang telah berkontribusi dan terlibat dalam pendokumentasian modul ini. Semoga apa yang telah dilakukan mendapat balasan amal dari Allah SWT. Amin.

Tidak lupa JEMARI Sakato mengucapkan salam hormat buat Oxfam dan Ausaid yang telah memberikan kepercayaan kepada tim JEMARI sakato untuk melaksanakan program ini. Demikian juga salam bangga buat BPBD Agam serta Instansi terkait dijajaran Pemerintah Kabupaten Agam yang dengan tulus senantiasa memberikan dukungan, saran bahkan kritikan kepada tim JEMARI sakato dalam pelaksanaan program ini. Teristimewa buat KSB dan masyarakat di dua Nagari yang antusias mulai dari ayunan langkah pertama dan langkah-langkah positif selanjutnya..

Salam semangat selalu,

 

Padang, Desember  2013

 

Syafrimet Azis

Direktur Eksekutif JEMARI Sakato

-For Better Society

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *